UFR INGINIERIE DU TOURISM, DU BÂTIMENT, DES SERVICES

UFR  INGINIERIE DU TOURISM, DU BÂTIMENT, DES SERVICES

Rabu, 06 Februari 2013

Chateau d’Angers

Chateau d’Angers

Pada tanggal 29 januari 2013, kami pergi ke tempat Istana atau puri atau dalam bahasa perancisnya chateau, yang dikenal dengan nama chateau d’angers, kami berempat pergi ke chateau tersebut, kami janjian dengan Bapak Kusmayadi dan Bapak Budi, disertai oleh Bapak Asep sebagai Tour Guide kami, karena beliau lebih mengenal Chateau tersebut, di entrance tarif masuk ke chateau adalah 5 euro sedangkan untuk umum bertarifkan 8 euro, kami masuk kedalam chateau tersebut dengan membawa buku panduan agar kami dapat mengenali tempat – tempat di dalam Chateau ini. 

 René  d'Angers
 


Foto dari kanan ke kiri kami bersama Pak Budi, Ikrar, Pak Kusmayadi, Rosa, saya (Okky), Dilaga. Didepan foto kami ini ada beberapa tanaman rempah-rempah eropa seperti rosemerry, dan lain-lainnya.



Chateau ini memiliki area yang lumayan luas kurang lebih 20.000 square meter, tebal dinding luarnya adalah 3 meter, sangat lah tebal, karena pada masa tersebut tempat ini digunakan sebagai benteng untuk meredam serangan dari musuh, chateau ini didukung oleh 17 menara yang sangat besar, dua tower dapat dilihat dari pintu masuk kita ke tempat tersebut, setiap tower tingginya 40 meter, tapi seiring berjalan nya abad banyak bagian tower yang rusak akibat serangan dari musuh. Namun ada satu satunya tower yang tingginya masih utuh dari dulu sampai dengan sekarang tower tersebut atau menara tersebut namanya Moulin Tower.


 Tampak Chateau dari depan dekat pintu masuk utama

SEJARAH Chateau d’Angers

René d'Anjou (seorang bangsawan Angers pada masa itu)

Pada dasarnya Chateau ini dibangun pada saat kekaisaran roman karena tempatnya strategic untuk melakukan strategi bertahan pada saat zaman perang, lalu pada abad ke 9 uskup dari Angers memberikan izin kepada Bangasawan Anjou untuk membangun castle ini di kota Angers. Itu adalah bagian dari kekaisaran Angrevin pada abad 12, namun pada tahun 1204 daerah ini ditaklukan oleh Philip II dan kebesaran Chateau ini dibangun selama cucunya yang pada saat itu masih belum beranjak dewasa namun sudah dipercaya memerintah dikekaisaran tersebut, Louis IX pada awal abad ke 13 mengambil alih kontruksi bangunan pada tahun 1234 yang menghabiskan dana 4,422 livres (mata uang pada saat itu), perkiraannya hanya 1 persen dari pendapatan pada masa itu, lalu Louis memberikannya kepada saudara lelakinya, Charles di tahun 1246.



Pada tahun 1352, Raja John II le Bon, memberikan Chateau ini kepada anak lelaki nomor duanya, Louis yang akhirnya menjadi bangsawan Anjou lalu menikah dengan anak perempuan Duke of Britany, lalu Ia memodifikasi Chateau ini, dan ditahun 1373 ia mempercayakan kepada seniman karpet Hennequin de Bruges dan Nicolas Bataille untuk mengkreasikan sebuah karpet yang akan dipajang di dalam Chateau ini hingga sekarang. Diruang kecil didalam sebuah gereja dinamakan sainte chapelle nama tersebut diberikan untuk gereja yang menyimpan sesuatu – sesuatu yang sangat lah suci ya inilah termasuk Karpet- karpet ini.

 Tapisserie d'apocalypse

Ketika kami akan melihat gambar di dalam Chateau itu saja kami harus mendengarkan video yang berdurasi kurang lebih 15 menit, lumyan lama karena di dalam kami disuguhkan gambar – gambar yang dituangkan di permadani, gambar tersebut menceritakan tentang sebuah cerita religious maka kita disarankan untuk melihatnya secara berurutan.



Chateau ini banyak sekali mengalami kehancuran maka jangan heran apabila setiap abad Chateau ini mengalami perubahan, oh iya didalam Chateau ini juga kita dapat menemukan sebuah souvenir shop, mereka menawarkan mulai dari cendramata hingga dengan buku – buku yang menceritakan sejarah tentang Chateau ini.



Tourist asing maupun manca Negara pun tertarik untuk berkunjung ke Chateau ini.

Tourists visiting Château d'Angers
Year 1997 1998 1999 2000 2001 2002
Visitor numbers 173,702 168,806 171,404 170,991 160,583 171,378
Tourist receipts €597,939 €601,754 €599,258 €553,324 €582,120 €593,759


Jika anda berkunjung ke kota Angers, tempat dimana saya tinggal sekarang, maka mampirlah sejenak ke tempat Chateau ini, dijamin berkesan dehh…

Sekian dulu yaa tulisan saya semoga bermanfaat, terima kasih nantikan tulisan saya selanjutnya…..



1 komentar: